Abstract:
Coffee Marroan merupakan Coffee Shop yang memiliki cita rasa kopi yang
khas dan memiliki tempat ngopi yang nyaman serta lokasi yang strategis untuk
dikunjungi khususnya di Kota Medan. Termasuk pembahasan terkait dengan
melihat usaha dengan menggunakan sistem Digital Marketing sebagai Strategi
Komunikasi Pemasaran untuk meningkatkan Jumlah Konsumen merupakan hal
yang menarik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Coffee Marroan di Kota
Medan. Penelitian dengan judul “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi
Pemasaran Coffee Marroan Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen”, memiliki
rumusan masalah Bagaimana penggunaan Digital Marketing untuk meningkatkan
konsumennya di era sekarang ini. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk melihat
usaha melalui Digital Marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk
meningkatkan jumlah konsumen di “Coffe Marroan”. Teori-teori yang digunakan
adalah teori Digital Marketing, Tujuan Sosial Media Marketing, Manfaat Sosial
Media Marketing, Aplikasi Sosial Media Marketing, Strategi Komunikasi
Pemasaran, Definisi Komunikasi Pemasaran, Fungsi Komunikasi Pemasaran,
Tujuan Komunikasi Pemasaran, Mengembangkan Komunikasi Pemasaran Yang
Efektif, Modal Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pemasaran Melalui Media
Internet, Meningkatkan Konsumen, Perkembangan Perilaku Konsumen dan
Komunikasi Bisnis. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah dekskriptif
kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara
tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengamatan,
dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan.
Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 2 (dua) orang narasumber terdiri
dari owner dan penanggung jawab Coffee Marroan dengan mengajukan 10
pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh
peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan, pemanfaatan
promosi dengan menggunakan Digital Marketing khususnya pada Media Sosial
seperti Facebook, Instagram, dan Google maps, pemanfaatan tersebut untuk
menarik minat konsumen serta dapat meningkatkan jumlah konsumen.