Abstract:
Bimbingan kelompok adalah layanan yang dapat membantu individu dengan cara
membuat dinamika kelompok dan memberikan informasi serta membahas
berbagai topik guna membantu individu dalam mengambil keputusan yang tepat
dan menyusun rencana untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah
07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan
membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bawa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kedisiplinan belajar
pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran
2020/2021. Wawancara dan observasi yang dilakukan juga mendapatkan hasil
bahwa siswa dapat meningkatkan kedisiplinan dalam belajar, dan siswa yang
menjadi objek penelitian mengalami peningkatan dalam kedisiplinan belajar
setelah diberikannya layanan bimbingan belajar.