Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Harga
terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio GT (Studi Kasus
Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Jenis penelitian ini
adalah penelitian asosiatif kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang
responden yang diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda
dengan nilai signifikansi. Hasil uji T variabel promosi terhadap keputusan pembelian
dan nilai signifikan bahwa variabel promosi berpengaruh positif tetapi tidak
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Artinya jika variabel promosi
meningkat, maka keputusan pembelian tidak meningkat. Hasil uji T variabel harga
terhadap keputusan pembelian dan nilai signifikan bahwa variabel harga berpengaruh
positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Artinya jika
variabel harga meningkat, maka keputusan pembelian akan meningkat. Hasil dari uji
F sebesar 43.765, secara simultan, variabel promosi dan harga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabel promosi
berpengaruh positif tapi tidak signifikan sedangkan variabel harga berpengaruh
positif dan signifikan. Nilai Adjusted R Square yang didapat dari hasil pengujian
Koefisien Determinan (R2) sebesar 0.584 menjelaskan bahwa 58,4% keputusan
pembelian mampu dijelaskan oleh variabel independen yaitu promosi dan harga.