Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, (2) pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, (3) pengaruh promosi dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggunakan sepeda motor Honda Scoopy yang membelinya langsung dari dealer dalam kondisi baru mulai tahun 2016 hingga sekarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan quick sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy (thitung = 3,024 > t-tabel = 1,661 dan sig = 0,003 < 0,05), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy (t-hitung = 4,123 > t-tabel = 1,661 dan sig = 0,000 < 0,05), (3) terdapat pengaruh signifikan promosi dan desain produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy (F-hitung = 70,015 > F-tabel = 3,09 dan sig = 0,000 < 0,05).