Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode At-Taisir terhadap kualitas hafalan siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara penggunaan metode At-Taisir terhadap kualitas Hafalan siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa menggunakan metode At-Taisir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek dari pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A tahfidzul Qur’an SMP Rahmat Islamiyah Medan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, tes lisan dan dokumentasi, adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kuantitatif dengan mempergunakan rumus korelasi linier sederhana.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Kualitas hafalan siswa sebelum menggunakan metode At-Taisir memiliki nilai rata-rata 80,57. (2) Kualitas hafalan siswa setelah menggunakan metode At-Taisir memiliki nilai rata-rata 83,34. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode At-Taisir terhadap kualitas terhadap kualitas hafalan siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan.