Research Repository

EFEKTIFITAS PROGRAM PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI SMA SWASTA ADVENT PEMATANGSIANTAR)

Show simple item record

dc.contributor.author M PARDEDE, RAMOT
dc.date.accessioned 2021-11-27T06:10:02Z
dc.date.available 2021-11-27T06:10:02Z
dc.date.issued 2021-09-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16384
dc.description.abstract Hampir semua guru dan orangtua setuju bahwa pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan.Tuntutan Akuntabilitas public terhadap kinerja lembaga pendidikan,tantangan standar peningkatan mutu pendidikan,dan sedikitnya tenaga,waktu dan sarana yang dimiliki oleh lembaga pendidikan,guru,menantang setiap lembaga pendidikan,guru untuk mendesain pendidikan karakter di sekolah tanpa melalaikan tujuan penting yang ingin diraih dalam setiap pendidikan,yaitu keunggulan akademis disetiap jenjang pendidikan. Pola kehidupan telah banyak berubah terutama dikota-kota besar.Sebagian besar masyarakat tidak lagi tinggal dalam suasana yang homogen,tetapi dalam kehidupan yang masyarakatnya heterogen,majemuk dan plural.Hal ini berimbas pada perilaku masyarakat yang berbeda karena berada dalam pengaruh nilai-nilai yang berbeda pula.Seiring dengan perkembangan zaman ditambah lagi dengan arus Informasi yang begitu cepat didapat baik melalui media dan perkembangan Teknologi,sehingga menuntut suatu konsep dan sistem pendidikan yang mampu mengantisipasi dampak negative perkembangan zaman dan pergaulan. Pendidikan karakter merupakan usaha bersama komunitas sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan dan pembentukan moral tiap individu yang terlibat dalam dunia pendidikan.Boarding School atau sekolah berasrama merupakan lembaga sekolah dimana didalamnya terdapat asrama sebagai tempat tinggal para peserta didik dan tenaga pendidik. Selain untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah , keberadaan pendidikan dan pembelajaran dalam asrama sekolah juga bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dan metode kualitatif dengan teknik observasi, pembuatan angket dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pendidikan boarding school di SMA Swasta Advent Pematangsiantar..Empat macam Praksis Pendidikan Karakter yaitu: Pendidkan Karakter terwujud secara eksplisit dengan dibuatnya mata pelajaran baruPendidikan Karakter terintegrasi dalam kurikulum.Pendidikan karakter masuk sebagai dimensi dalam mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum.Diperoleh hasil bahwa Program Pendidikan boarding school dapat membentuk karakter siswa en_US
dc.subject Program Pendidikan Boarding School en_US
dc.subject Karakter. en_US
dc.title EFEKTIFITAS PROGRAM PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI DI SMA SWASTA ADVENT PEMATANGSIANTAR) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account