Abstract:
Hampir semua guru dan orangtua setuju bahwa pendidikan karakter
merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan.Tuntutan
Akuntabilitas public terhadap kinerja lembaga pendidikan,tantangan standar
peningkatan mutu pendidikan,dan sedikitnya tenaga,waktu dan sarana yang
dimiliki oleh lembaga pendidikan,guru,menantang setiap lembaga
pendidikan,guru untuk mendesain pendidikan karakter di sekolah tanpa
melalaikan tujuan penting yang ingin diraih dalam setiap pendidikan,yaitu
keunggulan akademis disetiap jenjang pendidikan.
Pola kehidupan telah banyak berubah terutama dikota-kota besar.Sebagian
besar masyarakat tidak lagi tinggal dalam suasana yang homogen,tetapi dalam
kehidupan yang masyarakatnya heterogen,majemuk dan plural.Hal ini berimbas
pada perilaku masyarakat yang berbeda karena berada dalam pengaruh nilai-nilai
yang berbeda pula.Seiring dengan perkembangan zaman ditambah lagi dengan
arus Informasi yang begitu cepat didapat baik melalui media dan perkembangan
Teknologi,sehingga menuntut suatu konsep dan sistem pendidikan yang mampu
mengantisipasi dampak negative perkembangan zaman dan pergaulan.
Pendidikan karakter merupakan usaha bersama komunitas sekolah untuk
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan dan
pembentukan moral tiap individu yang terlibat dalam dunia pendidikan.Boarding
School atau sekolah berasrama merupakan lembaga sekolah dimana didalamnya
terdapat asrama sebagai tempat tinggal para peserta didik dan tenaga pendidik.
Selain untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah , keberadaan pendidikan dan
pembelajaran dalam asrama sekolah juga bertujuan untuk membentuk karakter
peserta didik.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dan metode
kualitatif dengan teknik observasi, pembuatan angket dan dokumentasi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pendidikan boarding school di
SMA Swasta Advent Pematangsiantar..Empat macam Praksis Pendidikan
Karakter yaitu: Pendidkan Karakter terwujud secara eksplisit dengan dibuatnya
mata pelajaran baruPendidikan Karakter terintegrasi dalam kurikulum.Pendidikan
karakter masuk sebagai dimensi dalam mata pelajaran yang terdapat dalam
kurikulum.Diperoleh hasil bahwa Program Pendidikan boarding school dapat
membentuk karakter siswa