Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Media Pembelajaran Daring dapat meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 SMK Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK 2 di Sekolah SMK Negeri 1 Rantau Utara sebanyak 36 siswa. Siswa melakukan pembelajaran daring dan interaksi dengan guru menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi WhatsApp Group. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas Instrumen (Angket) dan Uji Reliabilitas Instrumen (Angket). Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian bahwasanya Media Pembelajaran WhatsApp Group dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa berkategori tinggi dengan nilai bobot 39,14% karena mayoritas responden menjawab setuju pada pernyataan angket variabel minat belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dapat diketahui nilai koefisien reliabilitas (Cronbach’s Alpha) untuk variabel Media WhatsApp Group 0,767 > 0,600 dan untuk variabel minat belajar 0,781 > 0,600. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel adalah Reliabel