Abstract:
Transportasi menunjang terlaksananya kegiatan masyarakat sehingga kendaraan pribadi menjadi suatu kebutuhan. Fasilitas parkir yang buruk akan menimbulkan permasalahan dengan area jalan disekitarnya. Pada kendaraan roda empat dibutuhkan penataan yang baik agar area yang tersedia bisa dipakai secara optimal. Sehingga diperlukan informasi mengenai karakteristik parkir seperti akumulasi parkir, volume parkir dan pergantian parkir. Pada studi kasus ini dilakukan pada parkir inap roda empat dengan golongan kendaraan Umum, Plat merah, TNI, POLRI, CC/DC di Bandara Kualanamu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari parkir inap roda empat dengan berbagai golongan. Penelitian dilakukan selama tujuh (7) hari selama lima (5) jam dengan metode pengumpulan data dengan data primer yang diperoleh dengan penelitian secara langsung dan data sekunder dengan peta area parkir inap B Bandara Kualanamu. Dari hasil penelitian akumulasi kendaraan yang masuk maksimal sebanyak 90 mobil di hari Minggu sehingga area terisi 90% dengan hasil pergantian parkir < 1 yang menunjukan bahwa tersedia banyak ruang area parkir inap B Bandara Kualanamu dan didominasi di isi oleh kendaraan umum. Alternatif lain jika area parkir inap B telah terisi penuh maka parkir inap bisa dialihkan ke area parkir inap A Bandara Kualanamu.