Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui dan menganalisis
pengaruh Ulasan Produk terhadap keputusan pembelian diTokopedia.com pada
mahasiswa fakultas ekonomi Umsu. (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh
Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian diTokopedia.com pada
mahasiswa fakultas ekonomi Umsu. Dan (3) mengetahui dan menganalisis
pengaruh Ulasan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian
diTokopedia.com pada mahasiswa fakultas ekonomi Umsu. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif.
populasi dalam penelitian kali ini yakni terhadap Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara program studi Manajemen berjumlah 1958.
Berdasarkan perhitungan Slovin maka, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 95 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi
berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 22.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi ulasan produk terhadap
Keputusan pembelian berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (2,323 >
1,985) (Sig 0.022 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak. kesimpulannya : ada
pengaruh signifikan ulasan produk terhadap Keputusan pembelian produk pada
Tokopedia.com. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi Kualitas
pelayanan berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (6,851< 1,985) (Sig 0.000
< α0.05). dengan demikian H0 ditolak. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan
Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia.com.
Berdasarkan hasil uji F diatas diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar (24,342 > 3,10)
(Sig. 0.000 < α0.05), dengan demikian H0 ditolak . kesimpulannya : ada pengaruh
signifikan pengaruh ulasan produk dan Kualitas pelayanan terhadap Keputusan
pembelian produk pada Tokopedia.com