Abstract:
Penelitian ini berjudul strategi komunikasi pemasaran melalui media
E-Commerce dalam meningkatkan penjualan produk Bangbrew. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran
Bangbrew menggunakan media sosial E-commerce. Teori yang menjadi
pendukung penelitian ini antara lain Komunikasi, teori IMC, teori New media,
Komunikasi pemasaran, dan Teori AIDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif yang menggunakan beberapa informan, sumber data yang digunakan
adalah informasi yang bersumber dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian
dengan cara observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui field
research dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran, Sales promotion,
dan Marketing event serta menggabungkan dengan teori bauran pemasaran seperti
yang dikenal (4P) yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan
promotion (promosi) sebagai strategi yang digunakan brand Bangbrew untuk
meningkatkan penjualan produk. Faktor yang dapat menghambat pengunaan
media E-commerce sebagai media promosi dan penjualan produk adalah
kepercayaan dan faktor yang dapat meningkatkan pengunaan media E-commerce
adalah desain website, aplikasi menarik, persaingan harga, jumlah pilihan produk,
pemasaran kreatif, kecepatan akses, dan pelayanan. Implikasi penelitian,
diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi dalam menjalankan usaha untuk
meningkatkan jumlah konsumen serta berguna bagi mahasiswa yang hendak
menyelesaikan tugas akhir.