Abstract:
Indonesia saat ini telah melewati tahun politik, pada tahun 2020 adalah pesta
demokrasi besar karena terselenggaranya pemilihan kepala daerah serentak di 34
provinsi yang ada di Indonesia yakni, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,
pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
politik tim pemenangan Cory Sriwaty Sebayang – Theopilus Ginting pada
pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Karo.Teoriyang
digunakan pada penelitian ini adalah teori pencitraan politik. Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap
muka langsung dengan informan yakni tim pemenangan Cory Sriwaty Sebayang –
Theopilus Ginting. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa
tim pemenangan berhasil menciptakan citra yang baik kepada masyarakat
terhadap pasangan Cory Sriwaty Sebayang – Theopilus Ginting dan berhasil
memenangkan pemilihan kepala daerah Kabupaten Karo tahun 2020.