Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok) yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya pengembangan pribadi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok mengatasi rasa rendah diri siswa kelas VIII Di SMP Swasta Azizi Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 6 orang siswa. 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah non-tes berupa wawancara dan observasi yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi rasa rendah diri siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengguankaan reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok yang pertama pada siswa kelas VIII Di SMP Swasta Azizi Medan Tahun Ajaran 2020/2021 berjalan dengan baik dan siswa mulai memiliki kemauan dan kemampuan untuk menunjukan potensi diri, Penerapan layanan bimbingan kelompok kelompok yang kedua menunjukan hasil yang lebih baik lagi siswa semakin memiliki kemauan dan kemampuan dalam menunjukan potensi dirinya, siswa juga mengakui bahwa perilaku mereka yang awalnya kurang baik semakin membaik dari sebelumnya. Setelah dilakukannya bimbingan kelompok sebanyak dua kali pada siswa kelas VIII Di SMP Swasta Azizi Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dan berdasarkan menurunya rasa rendah diri siswa maka dapat disimpulkan Layanan Bimbingan Kelompok Mampu Untuk Mengatasi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Swasta Azizi Medan Tahun Ajaran 2020/2021