Abstract:
Saat ini pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang sangat besar pada
penurunan perekonomian masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia. Covid-
19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat termasuk para pelaku bisnis salah
satunya pada jasa perhotelan. Garuda Plaza Hotel merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak oleh
pandemi Covid-19. Dalam mencapai suatu kesuksesan Garuda Plaza Hotel telah
menyiapkan beberapa strategi komunikasi pemasaran sebelum memasarkan
produknya agar dikenal oleh masyarakat bahkan meningkatkan minat masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Garuda Plaza Hotel dalam
meningkatkan minat pengunjung di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan setelah datadata
diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian datadata
tersebut dipilih dengan data yang penting dan tidak relevan dari data yang
telah dikumpulkan, dianalisis secara saling berhubungan untuk mendapatkan
dugaan sementara dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Garuda Plaza Hotel di masa
pandemi Covid-19 sudah mengacu kepada 4P yaitu Product (Produk), Price
(Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Di masa pandemi Covid-19
Garuda Plaza Hotel sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran
pemerintah, gencar melakukan sales call dan telemarketing, mengadakan promosi
disetiap bulannya dan juga melakukan jalinan kerjasama dengan pihak lain dalam
upaya mempromosikan Garuda Plaza Hotel kepada perusahaan, instansi
pemerintahan, travel agent baik di offline travel agent maupun di Online Travel
Agent (OTA) untuk meningkatkan minat pengunjung.