Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar terhadap kepuasan belajar mahasiswa FKIP prodi akuntansi.”Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara”dengan melibatkan 113 mahasiswa semester II, IV, VI dan VIII pada program studi Pendidikan akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan wawancara. Angket dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap kepuasan belajar mahasiswa dapat dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel Pembelajaran Jarak Jauh (X1) terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (Y) sebesar thitung 2,856 > ttabel 1,995 (sig 0,016),“dimana signifikan t lebih kecil dari = 0,05 dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap”kepuasan belajar mahasiswa“hal ini dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel Motivasi”Belajar (X2)“terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (y) thitung 4.051 > ttabel 1,995 (sig 0,000), dimana signifikan t lebih kecil dari = 0,05”. Kemudian ada pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa, hal ini dikarenakan Nilai F pada tabel adalah 14,126 > Ftabel 2,72“dengan sig 0,000 < 0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima.”Sehingga kesimpulannya adalah ada Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan belajar Mahasiswa FKIP prodi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara