Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Kompetensi
sosial Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal dan Faktor
Apakah yang mendukung dan menghambat minat belajar peserta didik SMP
Dinda Hafidzah Islamic School. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 20 September sampai dengan
02 Oktober 2021 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SMP
Dinda Hafidzah Islamic School Marindal, diperoleh dianalisis dengan
menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display)
dan kesimpulan data (verification). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI
SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam SMP Dinda Hafidzah Islamic
School Marindal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Dinda Hafidzah Islamic School
Marindal tengah berjalan sangat optimal. karena guru selalu komunikasi antara
guru pendidikan agama Islam dengan pihak terkait (sesama teman seprofesi,
orang tua, dan masyarakat) sangat baik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta
didik. Adapun jenis minat belajar yang menghambat sehingga sulit dalam belajar
yang dialami oleh peserta didik di SMP Dinda Hafidzah Islamic School ialah
lambat belajar dan ketidakmampuan belajar.