Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Pembelajaran Blended
Learning Berbasis Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi
edmodo. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan
pendekatan kualitatif yaitu dengan menganalisis 10 jurnal yang berkaitan dengan
permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data
menggunakan alat instrument berupa observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis
data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa :
menggunakan model pembelajaran blended learning lebih efektif dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional dengan system tatap muka (face to face) maupun
dengan system pembelajaran online (e-learning). Manfaat blended learning antara
lain proses belajar mengajar tidak hanya tatap muka tetapi ada penambahan waktu
pembelajaran dengan memanfaatkan media online. Hal ini dapat mempermudah dan
mempercepat proses komunikasi antara guru dan siswa (mitra belajar), serta
membantu proses percepatan pengajaran. Membantu memotivasi siswa agar dapat
meningkat hasil belajar siswa.