Abstract:
ita sebagai makhluk sosial dituntut untuk saling berinteraksi demi
memenuhi kelangsungan hidup. Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia.
Dengan berkomunikasi, dapat membuat manusia saling berhubungan satu dengan
yang lain baik dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari, di tempat bekerja, di
pasar, di lingkungan masyarakat maupun dimana saja manusia berada. proses
menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling
tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang
selalu berubah-ubah. Oriflame sebuah perusahaan bisnis dengan konsep MLM
(Multi Level Marketing). Perusahaan yang sejenis dengan oriflame sudah banyak
berkembang dan bersaing. Persaingan dunia bisnis yang sama sudah semakin luar
biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi komunikasi yang
digunakan upline terhadap calon downline pada bisnis oriflame. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu peneliti harus
mendeskripsikan suatu obyek, fenomena, atau setting social yang akan
dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Arti lain, dalam penulisannya data
dan fakta yang dihimpun berbentuk kata atau gambar daripada angka. Di dalam
oriflame, merekrut adalah hal yang wajib dilakukan apabila ingin menjadi
seorang upline. Strategi yang dilakukan upline kepada calon member baru saat
bertemu yaitu dengan memberikan stimulus yang baik seperti dengan mengajak
berkenalan, menunjukkan katalog dan produk-produk yang sedang diskon, serta
bercerita tentang keuntungan jika bergabung dengan oriflame. Komunikasi yang
dilakukan upline terhadap downline terjalin sangat baik. Upline juga selalu
mengajarkan kepada downline bagaimana cara merekrut. Strategi merekrut yang
dilakukan member oriflame adalah dengan mengajak berkenalan terlebih dahulu,
membangun komunikasi yang baik, serta memberikan kesan yang positif.