Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya
pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian
handphone Oppo pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey
karena mengambil sampel dari satu populasi dan mengambil ukuran sampelnya
sebanyak 98 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara dengan purposive sampling. Data yang diperoleh dengan
menggunakan google form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik asosiatif dan analisis Partial Least Square (SEM-PLS). Analisis dibantu
dengan program Smart PLS 3.0. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda, uji realibilty dan validity, r-square, uji t, uji f.. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian (Y), variabel harga (X2) berpengaruh tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dan variabel citra merek (X3)
berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).