Abstract:
Iklan harus sesuai dengan fakta, termasuk kualitas produk, iklan
menyesatkan jika tidak sesuai dengan fakta. Maka persuasi sebenarnya terjadi
manakala fakta yang dijadikan informasi memang memiliki kekuatan untuk
menyakinkan khalayak.Masalah bagi pengiklan dalam dunia industri jika produk
tidak punya kekuatan, sehingga iklan harus bertumpu kepada kekuatan kata-kata
dan materi informasi.
Adapun yang menjadi tujuan untuk mengetahui isi pesan moral yang terdapat
dalam iklan Ramadhan Ramayana “Bahagianya adalah Bahagiaku Terdapat dua
teori yang mendasari penelitian ini, yaitu teori pesan moral dan Iklan. Teori Pesan
moral yang dimaksud dalam penelitian adalah pesan moral agama yang terdapat
dalam iklan tersebut. Teori Iklan dalam penelitian ini dimaksud iklan adalah
bagaimana menarik minat dan loyalitas konsumen dengan cara menampilkan
menarik dengan menyisipkan pesan yang berisikan pesan moral positif
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode
penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
analisis semiotika, yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis adegan
dalam setiap gambar yang ada serta mengalisis penyampaian pesan baik secara
verbal maupun nonverbal. Dalam penilitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
iklan tersebut memiliki banyak pesan moral agama seperti yang biasa kita pelajari
dalam kehidupan sehari dan dapat di tarik kesimpulan iklan Ramadhan Ramayana
tersebut termasuk dalam jenis iklan komersial yang bersikap informatif, persuasif
dan juga pelengkap.