Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Gaya Hidup dan Kelas Sosial terhadap Keputusan Pembelian dimoderasi oleh
Perceived Value. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode pendekatan deksriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa di Kota Medan. Jumlah sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berjumlah 140 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan teknik kuisioner/angket dan wawancara/interview. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis
data dengan partial least square (PLS). Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program Software Smart PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, Kelas Sosial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap Perceived Value, Kelas Sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap Perceived Value, Perceived Value memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Gaya Hidup memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimoderasi oleh Perceived Value,
Kelas Sosial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan
Pembelian dimoderasi oleh Perceived Value