Research Repository

Perencanaan Geometrik Ramp Jalan Tol Binjailangsa Zona 1

Show simple item record

dc.contributor.author Ramayanti, Putri
dc.date.accessioned 2021-11-23T18:43:12Z
dc.date.available 2021-11-23T18:43:12Z
dc.date.issued 2021-10-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16239
dc.description.abstract Jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 12,3 km merupakan salah satu pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang bertujuan untuk mempercepat mobilitas barang dan jasa antar pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pusat produksi. Perencanaan Geometrik jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang titik beratkan pada alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yang memberikan kenyamanan yang optimal pada arus lalu lintas sesuai dengan kecepatan yang direncanakan. perencanaan geometrik terdiri dari aspek-aspek perencanaan tase jalan,badan jalan yang terdiri dari bahu jalan dan jalur lalu lintas,tikungan,drainase,kelandaian jalan serta galian dan timbunan. Sebelum pembangunan jalan tol perlu dilakukan perencanaan geometrik untuk perhitungan alinyemen. Perencanaan jalan tol bertujuan agar jalan yang dilalui memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya. Dalam studi perencanaan geometrik dikhususkan pada bagian ramp untuk akses jalan masuk dan keluar dari jalan tol. Tujuan kajian ini adalah merencanakan geometrik jalan tol khusunya pada bagian ramp untuk akses menuju dan keluar jalan tol. Pada tahapan ini dilakukan analisa geometrik ramp dengan metode Bina Marga.Dalam kajian ini, data diperoleh dari data sekunder dengan menggunakan google earth sehingga diperoleh hasil data koordinat untuk perhitungan geometrik ramp.Perencanaan geometrik ramp dihasilkan 3 tikungan horizontal dengan tipe tikungan SCS (Spiral –Circle-Spiral). Kecepatan rencana sebesar 60 km/jam dengan jari-jari 110 meter. Superelevasi emax sebesar 8% dengan perhitungan emin sebesar 9,8%. Untuk pelebaran pada tikungan diperoleh dari perhitunga sebesar 2,3 meter. Hasil tikungan diperoleh bentuk SCS di atas bedasarkan tinjauan kondisi lapangan yang relatif banyak pemukiman sehingga lahan yang tersedia untuk pembangunan sangat terbatas. Selain itu pada tikungan di berikan rambu-rambu batas kecepatan maksimum 60 km/jam demi faktor keamanan. en_US
dc.subject Jalan Tol en_US
dc.subject Geometrik Ramp en_US
dc.subject Tikungan en_US
dc.title Perencanaan Geometrik Ramp Jalan Tol Binjailangsa Zona 1 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account