Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian
Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan Google
Classroom dalam pembelajaran jarak jauh di masa pendemi covid-19. Penelitian
ini didasarkan atas terjadinya transformasi proses pelaksanaan pembelajaran dari
pembelajaran tatap muka (face-toface learning) menjadi pembelajaran jarak jauh
(PJJ) dengan mengandalkan teknologi sebagai pengganti media pembelajaran,
yang dikenal dengan distance learning maupun pembelajaran daring (online
learning). Berdasarkan hasil analisis terhadap jurnal–jurnal penelitian terkait
penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh ditemukan sebesar
90% penelitian tersebut menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom
dalam pembelajaran jarak jauh sangat mendukung proses pembelajaran dimasa
pandemi covid-19. Aktivitas pembelajaran jarak jauh menggunakan Google
Classroom dikatakan baik, karena dapat membantu dosen dalam menyampaikan
materi,memberikan tugas, serta melakukan diskusi,selain itu Google Classroom
juga dapat membantu mahasiswa untuk mempermudah mengakses
materi perkuliahan yang di berikan oleh dosen, pengumpulan tugas serta
memberikan pertanyaan secara jarak jauh. Google Classroom dapat memfasilitasi
proses pembelajaran jarak jauh dengan menyediakan berbagai fitur antara lain
create assignment, create topic, create question, dan reuse post. Keunggulan
Google Classroom membuat prose pembelajaran menjadi efektif dan
efisien,hemat waktu, dapat dilakukan dimana saja kapan saja selagi terhubung
kejaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi Google
Classroom membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses pembelajaran
jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.