Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran orang tua
dalam membimbing anak pada pembelajaran daring di SDN 013826 Sengon Sari,
serta untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran
daring di SDN 13826 Sengon Sari Kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan
Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa
. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Peneliti
berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua
kelas V. Hasil penelitian menunjukan Bahwa peran orang tua dalam membimbing
anak pada pembelajaran daring di SDN 013826 Sengon Sari yaitu orang tua
melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi
guru dirumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan
semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang
dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran
daring di SDN 013826 Sengon Sari yaitu latar belakang pendidikan orang tua
mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak,
tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring
terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi
waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi
orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar dirumah.