Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada pengaruh model pembelajaran group
investigation terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Jambi Medan
Tahunajaran 2019/2020. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini
adalah belajar akuntansi siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dapat
berasal dari siswa, guru, motivasi yang rendah, sarana prasarana yang kurang
memadai, serta kurang bervariasinya metode, dan strategi yang digunakan guru.
Dimana peran guru sangat dominan dan kurangnya motivasi dari guru serta tidak
memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri sehingga siswa
menjadi bosan, kurang berminat dalam belajar dan tidak dapat menyerap materi
pembelajaran dengan baik. Adapun yang menjadi lokasi dalam penelitian ini
adalah SMK Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Medan, Bantan,
Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Prov. Sumatera Utara. Dari hasil
perhitungan diperoleh uji t sebesar 5,841. Karena nilai thitung (5,841) lebih besar
dari ttabel (1,701) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hbuungan yang
signifikan antara variabel X dan Y. Diperoleh persamaan regresi linier adalah Y =
16,599 + 0,586 Y. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan model
pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar sebanyak 58,%. Karena nilai thitung
(5,841) lebih besar dari ttabel (1,701) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hbuungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Diperoleh koefisien
determinasi sebesar 0,549 hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Group
Investiagtion mempengaruhi hasil belajar akuntansi sebesar 54,9%.