Abstract:
Penelitian.ini.dilakukan atas adanya permasalahan belajar peserta.didik
dalam. proses belajar mengajar..dan juga kurangnya penggunaan media
pembelajaran oleh guru sehingga dapat berakibat pada kurangnya motivasi
hingga menurunnya kemampuan.peserta didik dalam..berpikir tingkat tinggi.
Penelitian...ini bertujuan untuk mengetahui...pengaruh pembelajaran
menggunakan mediaprogram Televisi Edukasi terhadap..kemampuan berpikir
kritis.peserta.didik.kelas V SD Al-Wasliyah 26 Medan. Adapun jenis penelitian
ini ialah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26
peserta didik dengan sampel yang diteliti pada penelitian ini ialah seluruh
peserta didik kelas V SD Al-Wasliyah yaitu sebanyak 26 orang. Metode..yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design yaitu dalam
bentuk..One-Group.Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah
berbentuk test yang menyangkut pre-test dan post-test.. Dari.hasil.penelitian.ini
dapat.dilihat peningkatan nilai belajar peserta didik dengan menggunakan
media program Televisi Edukasi pada Tema 6 (Panas dan Perpindahannya)
Subtema 1 (Suhu dan Kalor), maka disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan program Televisi Edukasi berpengaruh..terhadap..kemampuan
berpikir kritis peserta didik. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung =
3,409 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n-2 = 26-2 = 24. Maka
diperoleh nilai ttabel = 2.063. Sehingga thitung = 3,409 > ttabel = 2.063, ini
menunjukkan bahwa Ha diterima yang..berarti terdapat pengaruh signifikan
program Televisi Edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Maka.dapat.disimpulkan.bahwa.terdapat.pengaruh program Televisi Edukasi
terhadap..Kemampuan..Berpikir..Kritis..Siswa Kelas V SD Al-Wasliyah 26
Medan.