Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA materi listrik statis dan listrik
dinamis di kelas IV SD Muhammadiyah Kabanjahe.Untuk mengetahui besar
konstribusi media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah
Kabanjahe, serta untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik setelah
menggunakan media interaktif berbasis Lectora Inspire.Pengembangan media
berbasis Lectora Inspire dikembangkan dengan 8 tahapan yaitu (1) Pengumpulan
data (2) Desain produk (3) Validasi desain (4) Revisi desain (5) Uji coba produk
(6) Revisi Produk (7) Uji coba pemakaian (8) Revisi Produk. Media pembelajaran
berbasis Lectora Inspire yang telah dirangkai selanjutnya diukur
keefektifitasannya. Berdasarkan hasil testpenggunaan media pembelajaran
berbasis Lectora Inspire. Dari pre-test diperoleh hasil yaitu nilai rata-rata adalah
68,33 dan hasil dari post-test diperoleh nilai rata-rata adalah 86,33, nilai tersebut
membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata. Setelah penggunaan
media pembelajaran berbasis Lectora Inspire peserta didik lebih aktif dalam
proses pembelajaran dan lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.
Sebaiknya guru lebih memanfaatkan media dalam bidang teknologi seperti media
interaktif berbasis Lectora Inspire.