Abstract:
Layanan informasi adalah layanan suatu layanan yang diberikan oleh seorang
pembimbing atau konselor pada peserta didik baik secara individual, kelompok,
maupun klasikal. Layanan ini dilakukan guna memenuhi suatu kekurangan
individu terkait informasi yang mereka perlukan. Layanan informasi akan
memberikan beberapa informasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun
tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor kondisi
skor self disclosure siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi
menggunakan teori johari windows pada kelompok eksperimen serta pada
kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan menggunkan metode
ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Dimana
objek penelitian ini adalah siswa XI SMA Negeri 11 Takengon, dengan teknik
pengumpulan data menggunakan suatu instrumen yang telah dikembangkan
terlebih dahulu. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan yang
positif dan signifikan dalam meningkatkan self disclosure siswa pada kelompok
eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi
menggunakan teori johari windows. (2) Terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan dalam meningkatkan self disclosure siswa pada kelompok kontrol
sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan metode
ceramah. (3) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan dalam meningkatkan
self disclosure siswa pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan
layanan informasi menggunakan teori johari windows, dengan kelompok kontrol
setelah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan metode ceramah.