Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini apa peranan Rumah Alquran, bagaimana
Rumah Alquran dalam meningkatkan kualitas qira‟ah Alquran dan sejauh mana peranan
Rumah Alquran dalam meningkatkan kualitas qira‟an siswa di Yayasan Baiti Jannati
Kota Medan. Tujuan peneitan ini untuk mengetahui apa dari peranan SMP Rumah
Alquran kemudian untuk mengetahui peranan Rumah Alquran dalam meningkatkan
kualitas qira‟ah Alquran dan untuk mengetahui sejauh mana peranan Rumah Alquran
dalam meningkatkan kualitas qira‟an siswa di Yayasan Baiti Jannati Kota Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian
maka dapat disimpulkan bahwa Rumah Alquran telah berusaha memaksimalkan
kinerjanya dalam meningkatkan kualitas qira‟ah Alquran siswa SMP Rumah Alquran
dengan adanya manajemen Rumah Alquran dalam memantau, mengatur, dan
mengarahkan kegiatan pembelajaran Alquran yang efektif dan efisien, kemudikan dengan
visi dan misi yang jelas dan metode yang sesuai, guna agar meningkatkan kualitas
qira‟ah siswa.
Rumah Alquran dalam meningkatkan kualitas qira‟ah siswa yaitu para pengurus
SMP Rumah Alquran mengadakan program wajib, program menghafal Rumah Alquran
menyediakan guru-guru yang terlatih dan setelah persiapan selama satu bulan maka
para santri sudah bisa menghafal Alquran dengan qira‟ah atau bacaan yang sebelumnya
di tahsinkan. Sejauh ini peranan Rumah Alquran dalam meningkatkan kualitas qira‟ah
siswa sangat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas qira‟ah siswa-siswinya.