Abstract:
Layanan bimbingan kelompok merupakan pemberian bantuan terhadap individu
melalui kegiatan kelompok (Dinamika Kelompok) yang dapat memungkinkan
setiap anggota untuk ikut serta berperan aktif dan juga berbagai pengalaman serta
upaya pengembangan wawasan, sikap serta keterampilan yang diperlukan dalam
upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahi Penerapan Layanan Bimbingan
Kelompok dalam meningkatkan pengendalian emosi siswa kelas XI MAS PAB 4
Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun objek dari penelitian ini adalah
siswa kelas XI MAS dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang siswa yang diambil
melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang peneliti gunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknis analisi data yang dipakai
adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan pengendalian emosi siswa kelas XI MAS PAB 4
Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Wawancara dan observasi yang peneliti
lakukan kepada siswa memperlihatkan peningkatan pengendalian emosi siswa
pada saat sebelum diberikan layanan bimbingan konseling yaitu layanan
bimbingan kelompok. Semua siswa yang menjadi objek penelitian mengalami
peningkatan pengendalian emosi dari sebelum diberikannya layanan bimbingan
kelompok.