Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pemanfaatan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran akuntansi pada
mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU Tahun Ajaran 2020/2021.
Masalah penelitian ini bagaimana pemanfaatan media pembelajaran e-learning
dalam pembelajaran akuntansi disituasi pandemi covid19 saat ini. Penelitian ini
menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pernyataan angket dan dokumentasi.
Responden adalah mahasiswa pendidikan akuntansi Tahun Ajaran 2020/2021. Uji
validitas logis dan empiris dilakukan untuk menguji valid atau tidak angket yang
disebarkan, uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus koefisien alpha
cronbach. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian ini
menyatakan bahwa media pembelajaran E-learning sangat baik dan layak untuk
digunakan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran khususnya dalam
pembelajaran Akuntansi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan dari analisis
yang telah dilakukan bahwa media pembelajaran E-learning ini sangat bermanfaat
dalam pembelajaran Akuntansi.