Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Orang Tua
terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN.105385 Kotasan. Jenis
penelitian ini adalah ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN.105385
Kotasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN.105385
Kotasan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dimana
seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner tertutup yang digunakan untuk
mengungkap varibel x dan variabel y. Uji instumen dilakukan pada 30 siswa kelas
V SDN 105385 Kotasan. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Pearson
Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Cronbach Alpha.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar rxy= 0,446
termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh
hasil perhitungan koefisien korelasi dengan rhitung = 0,446 > rtabel = 0,361, hal
tersebut menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap
Kemandirian Belajar Siswa. Dari hasil penelitian juga diperoleh nilai thitung =
2,650 pada taraf signifikan 5% dengan dk 30-2 = 28 maka diperoleh nilai ttabel =
2,048. Dengan demikian nilai thitung = 2,650 > ttabel = 2,048 artinya Ha diterima dan
Ho ditolak, sehingga terbukti secara signifikan terdapat pengaruh Motivasi Orang
Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN.105385 Kotasan.