Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan bahan ajar yang konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan); (3) develop atau pengembangan; (4) disseminate atau penyebaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Hasil validasi terhadap bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR rata-rata 90% untuk ahlli materi 79% untuk validasi ahli desain media dan 87% validasi ahli bahasa artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar berada pada kategori valid. Hasil kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata 84% dan untuk respon siswa diperoleh nilai rata-rata 83% artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR berada pada kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajarn tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis.