Abstract:
Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia merupakan satu hal yang sangat penting untuk dibicarakan dalam pembangunan nasional, sebab permasalahan pendidikan menyangkut masa depan penerus bangsa dan Negara. Rasa percaya diri adalah pusat terpenting bagi individu agar bisa menjadi manusia yang lebih positif dan dan mampu merespon dengan baik tantangan yang datang dengan lebih realistis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa melalui pemberian layanan informasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Generasi Bangsa Jl. Rawe 4, Tangkahan, Kec. Medan Labuhan Sumatera Utara. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengisian google form sebagai pendukung dalam memperkuat data. Subyek dalam penelitian ini merupakan peneliti itu sendiri yang dibantu dengan Wali Kelas. Sedangkan obyeknya adalah siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri 25 siswa dan 11 siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah. Setelah pemeberian layanan dilakukan rasa percaya diri pada siswa semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari observasi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian layanan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa T.A 2020/2021.