Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara Islamic
Income Ratio, Profit Sharing Ratio, Zakat performance ratio, Islamic Corporate
Governance dan Islamic Social Reporting terhadap kinerja keuangan Bank
Syariah di Indonesia. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal.
Populasi penelitian ini adalah bank syariah yang tercatat di Otoritas Jasa
Keuangan tahun 2015-2019. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive
sampling (kriteria tertentu), sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 12
bank umum syariah sehingga menjadi 60 data sampel. Metode analisis data
menggunakan SEM pls dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Islamic Income Ratio berpengaruh terhadap kinerja
keuangan, Profit Sharing Ratio tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan
Zakat performance ratio tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.
Pengungkapan Islamic Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja
keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia. Pengungkapan Islamic Social
Reporting tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di
Indonesia. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa aktivitas Islamic Income
Ratio, Profit Sharing Ratio, Zakat performance ratio, Islamic Corporate
Governance dan Islamic Social Reporting sama pentingnya dengan strategi bisnis
bank syariah dalam meningkatkan kinerja keuangan.