Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP IT Ibnu Halim Medan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara penggunaan metode tutor sebaya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP IT Ibnu Halim Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek dari pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-2 dan kelas VII-3 SMP IT Ibnu Halim Medan. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi, adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kuantitatif dengan mempergunakan rumus korelasi linier sederhana.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah pengaruh metode tutor sebaya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP IT Ibnu Halim Medan Sebesar 7,29%, sedangkan sisanya 92,72% dipengaruhi oleh faktor lainnya, dan disini dapat dilihat tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode tutor sebaya terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP IT Ibnu Halim Medan.