Abstract:
Penelitian mengenai pemanfaatan kursus manasik umroh gratis sebagai media
komunikasi pemasaran menarik untuk diteliti karena disini membuat acara tanpa
meminta biaya bagi orang yang ingin datang alias “gratis”. Manasik umroh kini
telah dianggap sebagai saluran baru bagi perusahaan untuk memberi ilmu dan
melakukan kegiatan promosi travel mereka. Manasik umroh gratis secara mendasar
mengubah cara perusahaan berkomunikasi, berkolaborasi, dan menciptakan
aktivitas pemasaran mereka. dari itu, yaitu orang melaksanakannya dituntut agar
dapat mengambil manfaat dari umrahnya. maka penulis merumuskan suatu
permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana PT. Makkah Madinah Mubarok
memanfaatkan manasik umroh gratis sebagai media komunikasi pemasaran. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan manasik umroh gratis
sebagai sarana mempromosikan travel umroh oleh PT.Makkah Madinah Mubarok.
Dalam penelitian yang akan peneliti buat menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif.
Karena judul penelitiannya adalah “Pemanfaatan program Kursus
Manasik Umroh Gratis PT.Makkah Madinah Mubarok sebagai media Komunikasi
Pemasaran”. Metode penelitian kualitatif ialah penelitian yang bermaksud untuk
memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Untuk
jenisnya peneliti penggunakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu peneliti
berangkat ke perusahaan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomenon
dalam suatu keadaan alamiah.Dalam hal ini peneliti terjun langsung untuk
mewawancarai subjek. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan
menggunakan kalimat sederhana sehingga dapat diambil kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran dianggap sangat
membantu dalam hal meningkatkan penjualan. dinilai sukses dalam menggunakan
strateginya ataupun komunikasinya dalam mempromosikan program umroh kepada
masyarakat. program kursus manasik umroh gratis dinilai dapat meningkatkan
ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh
PT.Makkah Madinah Mubarok.Hal ini diungkapkan oleh narasumber, 70-100%
strategi yang dilakukan dapat meningkatkan penjualan. Karena itu komunikasi
pemasaran dianggap sangat membantu dalam hal meningkatkan penjualan.Serta
strategi yang dilakukan oleh PT.Makkah Madinah Mubarok dapat dikatakan efektif.