Abstract:
Dalam hal loyalitas konsumen sangat dipengaruhi beberapa variabel, kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen, untuk itu dibutuhakan suatu penelitian seberapa besar pengaruhnya pada loyalitas pelanggan. Beberapa variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen antara lain kualitas pelayanan harga dan kepuasan pelanggan, untuk itu dibutuhkan, untuk itu dibutuhkan analisis dan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga Terhadap loyalitas konsumen melalui oleh kepuasan konsumen Pada pelanggan JNE Express Cabang Kota Medan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan JNE Express Cabang Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow yang berjumlah berjumlah 100 pelanggan JNE Express Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menggunkana uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung kualitas pelayanan, harga , kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan secara tidak langsung kualitas pelayanan, harga ,berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada pelanggan JNE Express Kota Medan