Abstract:
Strategi pemasaran merupakan salah satu upaya dalam memasarkan sebuah produk agar mencapai tujuan tertentu pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Medan. Penelitian ini berbentuk penelitian deskripsi, dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan daya saing pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Medan dengan menggunakan uji analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi sebagai metode pokok, serta studi dokumentasi sebagai metode pendukung. Penelitian ini menggunakan metode berupa analisis SWOT, analisis Matriks EFAS, dan Matriks IFAS, serta Diagram SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil dari uji matriks IFAS (2,79) digunakan sebagai sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (3,02) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT. Hasil pengaplikasian nilai hasil uji matriks IFAS dan matriks EFAS pada diagram SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I atau kuadran pertama (Growth), dimana pada daerah tersebut menggambarkan bahwa perusahaan memiliki peluang dan banyaknya kekuatan yang mendorong supaya dapat dimanfaatkan peluang-peluang tersebut