Abstract:
Penelitian ini membahas perencanaan struktur atas jembatan kereta api tipe camel back truss dengan bentang panjang. Pembebanan yang terjadi pada struktur atas jembatan antara lain beban mati, beban mati tambahan, beban hidup, beban kejut, beban lateral, beban rem dan traksi, beban rel longitudinal, beban angin struktur, beban angin kendaraan, beban gempa, dan beban temperatur. Dari hasil Analisa kombinasi kuat I diperoleh bahwa gaya aksial tekan yang terjadi pada model 1 yaitu 6958,37 kN, model 2 yaitu 6739,26 kN, model 3 yaitu 6725,66 kN dan model 4 yaitu 7153,10 kN. Gaya aksial tarik yang terjadi pada model 1 yaitu 4415,28 kN, model 2 yaitu 3782,63 kN, model 3 yaitu 4876,53 kN dan model 4 yaitu 4041,68 kN. Dengan desain kondisi aman lendutan pada rangka yang terjadi akibat kombinasi daya layan I pada model 1 yaitu 6,47 cm, model 2 yaitu 5,59 cm, model 3 yaitu 8,24 cm dan model 4 yaitu 9,81 cm. Kombinasi daya layan II menghasilkan lendutan pada rangka pada model 1 yaitu 7,93 cm, model 2 yaitu 6,95 cm, model 3 yaitu 10,07 cm dan model 4 yaitu 11,15 cm. Analisa terhadap volumetrik struktur jembatan perlu dilakukan. Volumetrik model 1 yaitu 3096,35 m3, model 2 yaitu 3142,87 m3 , model 3 yaitu 3249,47 m3 dan model 4 yaitu 39,04 m3.