Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh peringkat terhadap harga obligasi, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh maturitas terhadap harga obligasi, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh kupon obligasi terhadap harga obligasi, (4) mengetahui dan menganalisis peringkat, maturitas dan kupon obligasi bersama-sama berpengaruh terhadap harga obligasi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 81 perusahaan dan sampel yang memenuhi kriteria (proposive sampling) sebanyak 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang dipublikasikan oleh perusahaan situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. dan PT Bareksa Portal Investasi www.bareksa.com. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif yaitu dengan analisis linier berganda, pengujian hipotesis dan koifisiensi determinasi. Pengelolahan data menggunakan SPSS (Statistical Package For The Social Sciences) versi 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial Peringkat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Obligasi. Secara parsial Maturitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Obligasi. Secara parsial Kupon Obligasi berpengaruh positif dan signifikan tehadap Harga Obligasi. Secara simultan Peringkat, Maturitas, dan Kupon Obligasi bepengaruh signifikan terhadap Harga Obligasi pada Perusahaan sektor Keuangan dengan sub sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019.