Research Repository

Sistem Pembelajaran Tahfidz Al Metode Muqaththa’ah Di Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Gunawan, Fahmi
dc.contributor.author Junaidi
dc.date.accessioned 2021-10-18T04:12:34Z
dc.date.available 2021-10-18T04:12:34Z
dc.date.issued 2021-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15679
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran Thafidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Kajian ini dilatar belakangi terkait kualitas proses pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah. Dalam penerapan sistem pembelajaran yang tepat akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik atau meningkatkan mutu pembelajaran dari seorang pendidik terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana sistem pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan? (2) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan? Permasalahan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sistem pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, yakni kebijakan, pelakasanaan, dan evaluasi pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa penerapan dalam sistem pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan pada siswa kelas VIII SMP mampu menghafal Al-Qur’an 1 juz yaitu juz 30 atau Juz ‘Amma serta mampu memenuhi evaluasi pembelajaran yang sudah disediakan, kegiatan evaluasi ada 4 yaitu evaluasi harian, mingguan, tes tengah semester, dan tes akhir semester. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan dengan tes lisan melalui setor hafalan di ii sekolah ini lebih menekankan kepada kelancaran hafalan dan hukum tajwid sebagai komponen utama dalam mengevaluasi kualitas hafalan Al-Qur’an siswa dan rogram pembelajaran Tahfidz Al-Quran ini juga sebagai persyaratan kelulusan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode muqaththa’ah di SMP IT Ibnu Halim sudah dinyatakan tuntas karena memenuhi KKM dengan nilai di atas rata-rata 88 en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Muqaththa’ah en_US
dc.title Sistem Pembelajaran Tahfidz Al Metode Muqaththa’ah Di Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account