Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran Thafidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan.
Kajian ini dilatar belakangi terkait kualitas proses pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah. Dalam penerapan sistem pembelajaran
yang tepat akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik atau meningkatkan mutu
pembelajaran dari seorang pendidik terhadap hasil belajar peserta didik di SMP
Islam Terpadu Ibnu Halim Medan. Studi ini dimaksud untuk menjawab
permasalahan: (1) Bagaimana sistem pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan?
(2) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode
Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan? Permasalahan tersebut
bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sistem pembelajaran
Tahfidz Al-Qur’an, yakni kebijakan, pelakasanaan, dan evaluasi pembelajaran
Tahfiz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di SMP Islam Terpadu Ibnu
Halim Medan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di
SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan.
Hasil dari penelitian yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa penerapan
dalam sistem pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan metode Muqaththa’ah di
SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan pada siswa kelas VIII SMP mampu
menghafal Al-Qur’an 1 juz yaitu juz 30 atau Juz ‘Amma serta mampu memenuhi
evaluasi pembelajaran yang sudah disediakan, kegiatan evaluasi ada 4 yaitu
evaluasi harian, mingguan, tes tengah semester, dan tes akhir semester.
Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan dengan tes lisan melalui setor hafalan di
ii
sekolah ini lebih menekankan kepada kelancaran hafalan dan hukum tajwid
sebagai komponen utama dalam mengevaluasi kualitas hafalan Al-Qur’an siswa
dan rogram pembelajaran Tahfidz Al-Quran ini juga sebagai persyaratan
kelulusan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran tahfidz
Al-Qur’an dengan metode muqaththa’ah di SMP IT Ibnu Halim sudah dinyatakan
tuntas karena memenuhi KKM dengan nilai di atas rata-rata 88