Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk melatarbelakangi tentang bagaimana proses
strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh Objek Wisata Pemandian
Alam Sejuk (PAS) dalam mempromosikan tempat tersebut. Dalam hal ini
penyampaian tentu saja terdapat hambatan sebelum proses promosi dilakukan.
Ketua PAS dan perangkat berkeja sama dalam menyampaikan hal ini kepada
masyarakat dan tidak ada satu pun pesan yang tertinggal terkait informasi yang
disampaikan. Dalam penyampaiannya ada indikator yang dilakukan sebelum
memulai program strategi komunikasi pariwisata pemandia alam sejuk pas di
kabupaten simalungun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana strategi komunikasi pariwisata pemandian alam sejuk pas di
Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah teknik primer, yaitu wawancaradan observasi, dokumentasi serta teknik
data sekunder. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang yang
terdiri dari 3 (tiga) orang pengelola dan 4 (empat) orang pengujung. Dalam
penelitian ini teknik yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Lokasi
penelitian ini di lakukan di Desa Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bah
Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa strategi komunikasi pariwisata disampaikan dan dilakukan dengan baik dan
dapat diterima dengan baik serta tepat sasaran dan mengahsilkan perubahan. Dari
sedgoi penyampaian, imformasi yang disampaikan mengenai strategi komunikasi
pariwisata ini bisa berjalan dengan baik dan benar dari tahun ke tahun