Abstract:
Berdasarkan riset awal yang dilakukan tentang impulsive buying pada marketplace shopee (studi kasus pada mahasiswa FEB UMSU) ditemukannya permasalahan, antara lain: kurangnya aksesbilitas shopee terkait kode promo yang tidak dapat digunakan oleh konsumen dan masih banyaknya dijumpai konsumen yang tidak memahami kebijakan tentang besar potongan biaya pengiriman yang ditanggung pihak shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh shopping enjoyment terhadap impulsive buying, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh price discount terhadap impulsive buying dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh shopping enjoyment dan price discount terhadap impulsive buying pada marketplace shopee (studi kasus pada mahasiswa FEB UMSU). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa FEB UMSU Angkatan 2012-2019 yang berjumlah 4539 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 orang dengan menggunakan rumus sovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Secara parsial diketahui bahwa shopping enjoyment memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Secara parsial diketahui bahwa price discount memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Secara simultan shopping enjoyment dan price discount berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying pada marketplace shopee (studi kasus pada mahasiswa FEB UMSU).