Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang Perencanaan Komunikasi Pariwisata Dalam
Pengembangan Wisata Religi Di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
Aida Dan Teori Interaksi Simbolik. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh
orang yaitu Kepala Seksi Pengkajian & Pengembangan Destinasi Pariwisata
Provinsi Riau, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Provinsi
Riau, Humas Masjid Agung An-Nur, Kepala Seksi Tata Usaha Masjid Agung An-
Nur Provinsi Riau dan tiga orang pengunjung Wisata Religi Masjid Agung An-Nur.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan komunikasi
pariwisata dalam mengembangkan wisata religi Masjid Agung An-Nur belum
sepenuhnya terjalin dengan baik, perlu adanya dorongan dari pihak pengelola,
Dinas Pariwisata maupun masyarakat guna meningkatkan wisatawan dan juga
meningkatkan kualitas bangunan Masjid, agar ketertarikan wisatawan bisa lebih
baik lagi kedepannya.