Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya perilaku konsumen sekaligus untuk mengetahui bentuk perilaku konsumen tersebut dalam memutuskan pembelian secara online pada e-commerce shopee dimasa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data melalui proses wawancara, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian secara online pada e-commerce shopee dimasa pandemi covid-19 yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Dimana faktor eksternal tersebut berupa adanya pemberlakuan sistem PSBB (Social distancing, perintah dirumah saja, larangan untuk tidak berkerumunan) dan faktor internal berupa dorongan yang berasal dari dalam diri responden sendiri, khususnya kalangan mahasiswa program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Agama Islam UMSU. Selanjutnya terdapat adanya faktor kemudahan dan kepercayaan responden, adanya extra gratis ongkir, diskon, sale 12,12 sehingga berujung kepada keputusan pembeliaan secara online pada e-commerce shopee. Bentuk perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian secara online pada e-commerce shopee dimasa pandemi covid-19 oleh para responden dapat dilihat dari segi bentuk perilaku perbelanjaan produk yang dilakukan seperti perbelanjaan terhadap produk-produk kesehatan seperti masker, vitamin c, hand sanitizer dan 35% lainnya diikuti oleh produk-produk makanan ringan dll.