Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengunaan media
pembelqjqrqn comic strip di MAS Aisyiyah Binjai? Bagaimana hasil belajar siswa
pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai? Apakah ada Pengaruh
penggunaan media pembelajaran comic strip dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai?.
Instrument pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan tes
sebagai instrument pengumpulan data primer. Dan teknik dokumentasi sebagai
instrument pengumpulan data sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan
teknik prosentase untuk data yang bersifat deskriptif dan teknik uji t independent
grup data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran comic strip
di MAS Aisyiyah Binjai termasuk kategori baik, hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih kelas X dalam kategori sangat baik, dan Berdasarkan hasil analisis
data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis uji-t independent group
diperoleh hasil t-hitung > t-tabel (5,944826>1,994437) yang berarti H0 ditolak dan
artinya ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan
media pembelajaran comic strip dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan
media pembelajaran comic strip. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa
penggunaan media pembelajaran comic strip efektif terhadap peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai.