Abstract:
Minat Beli Konsumen merupakan sebuah perilaku konsumen dimana
konsumen mempunyai keinginan dalam memilih, menggunakan dan
mengkonsumsi atau bahkan menginginkan suatu produk yang ditawarkan. Faktor
yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen, ialah media sosial dan kualitas
produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Media Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk
UMKM di Kelurahan Besar Griya Martubung Kecamatan Medan Labuhan Pada
Masa Pandemi Covid-19. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen yang pernah membeli produk UMKM di Kelurahan Besar
Griya Martubung Kecamatan Medan Labuhan yang tidak diketahui jumlahnya.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 120 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik,
berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji t
(parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi.
Hasil persamaan regresi berganda Y = 6.943 + 0.571 X1 + 0.243 X2. Hasil
uji t (Parsial) memperlihatkan Media Sosial dan Kualitas Produk secara parsial
berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen pada produk UMKM di Kelurahan
Besar Griya Martubung Kecamatan Medan Labuhan Pada Masa Pandemi Covid-
19. Dan Hasil uji F (Simultan) Media Sosial dan Kualitas Produk berpengaruh
secara simultan terhadap Minat Beli Konsumen pada produk UMKM di
Kelurahan Besar Griya Martubung Kecamatan Medan Labuhan pada masa
Pandemi Covid-19. Nilai R Square menunjukan bahwa 62.9% variabel Minat Beli
Konsumen dapat dijelaskan oleh variabel Media Sosial dan Kualitas Produk.
Sedangkan sisanya