Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal doa
sehari-hari melalui metode small project di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan.
Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak-anak RA Nurul Islam Labuhanbatu Selatan yang berjumlah 15
orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan
dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa melalui metode pembelajaran small project dapat meningkatkan
kemampuan anak menghafal doa sehari-hari. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari
adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat
dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari yaitu pada pra
siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan
pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran small project dapat
meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-haridi RA Nurul Islam
Labuhanbatu Selatan.